Header Ads

ads header

Breaking News

Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Alor Tahun 2023


Assalamualaikum sahabat Madrasah.., Salam sehat semuanya.

Tahun pelajaran baru telah tiba, saatnya Madrasah melakukan kegiatan Persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).


Persiapan PPDB MAN Alor TP. 2023/2024 diawali dengan rapat pembentukan panitia PPDB yang dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah, Hadi Kammis, SH pada Sabtu (01/04/2023). 

Rapat Pembentukan Panitia PPDB MAN Alor TP. 2023/2024 tersebut menetapkan Kepala Perpustakaan MAN Alor, Moh. Farhan Apetatu, sebagai Ketua Panitia dan Plh. KTU MAN Alor, Nurdin Djasintang, sebagai Sekretaris Panitia.

Pada rapat tersebut, Kepala Madrasah memberikan tanggungjawab kepada Ketua dan Sekretaris Panitia untuk membentuk susunan kepanitiaan sesuai kebutuhan dengan berpedoman pada Juknis PPDB Dirjen Pendis Kemenag RI Nomor 181 Tahun 2023 Tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024.

Ketua Panitia, Moh. Farhan, menyampaikan beberapa konsep PPDB MAN Alor Tahun Pelajaran 2023/2024 yang kemudian disetujui oleh para peserta rapat.

Farhan menyampaikan bahwa, Kegiatan PPDB MAN Alor TP. 2023/2024 dilaksanakan melalui enam tahapan, yaitu; 1) sosialisasi, 2) Pendaftaran, 3) seleksi berkas dan tes akademik, 4) pengumuman hasil seleksai, 5) daftar ulang, dan 6) Matsama.

Sosialisasi

Sosialisasi PPDB MAN Alor TP. 2023/2024 dilaksanakan di enam sekolah SMP/MTs di wilayah Kota Kalabahi, yaitu MTs Negeri 1 Alor, SMPN 1 Kalabahi, SMPN 3 Kalabahi, SMPN Islam Cokroaminoto Kalabahi, SMP Negeri Kenaring dan SMPN 2 Kalabahi.

Selain itu sosialisasi pun dilakukan melalui Masjid dan Musholla pada kegiatan safari romadhan yang dilakukan oleh guru dan siswa MAN Alor dan juga melalui Website serta Media Sosial Madrasah.

Pendaftaran, Seleksi dan Matsama

Pendaftaran PPDB dilaksanakan dalam dua jalur yaitu Jalur Prestasi dan jalur umum.

Pendaftaran Jalur Prestasi
Pendaftaran dibuka sejak tanggal 2 Mei sd. 24 Juni 2023 dengan agenda kegiatan sebagai berikut:

Pendaftaran Jalur Umum
Pendaftaran dibuka sejak tanggal 15 Mei sd. 24 Juni 2023 


Persyaratan:
  1. Fotocopy Surat Keterangan Lulus atau Surat Keterangan Telah Mengikuti Ujian Akhir
  2. Fotocopy kartu Keluarga dan Akte Kelahiran masing-masing 2 lembar
  3. Fotocopy Kartu Indonesia Pintar (KIP) 2 lembar jika ada,  
  4. Fotocopy Sertfikat Prestasi pada bidang Olimpiade KSM dan OSN serta tahfidz Quran 3 Juz.
  5. Mengisi Surat Pernyataan

Program Unggulan
Pada Tahun Pelajaran 2023/2024 MAN Alor menawarkan tiga program unggulan Madrasah yaitu Pembinaan Kader Dai Madrasah, Robotika dan Multimedia serta Tatabusana (menjahit dan merajut). Program ini bertujuan untuk membekali peserta didik dengan Ilmu Akhlak dan Keterampilan dalam menghadapi persaingan global yang semakin kompetitif.

Program Unggulan
Selain program unggulan di atas, MAN Alor pun menyelenggarakan kegiatan Ekstrakurikuler Kader Kesehatan Remaja (KKR) UKS MAN Alor. KKR MAN Alor dibina langsung oleh tenaga kesehatan dibawah kontrol Dinas Kesehatan Kabupaten Alor cq. Puskesmas Kenarilang. KKR UKS MAN Alor menyelenggarakan tiga program kesehatan di MAN Alor yang dikenal dengan Trias UKS, yaitu; 1) Pendidikan Kesehatan, 2) Pelayanan Kesehatan, dan 3) perwujudan lingkungan Madrasah sehat.


Ayo..., tunggu apalagi, segera daftarkan diri anda di MAN Alor, informasi lengkap tentang PPDB MAN Alor TP. 2023/2024 dapat diakses melalui brosur PPDB MAN Alor TP. 2023/2024 pada link di bawah ini.
    


Tidak ada komentar