Header Ads

ads header

Breaking News

10 Perlengkapan UKS yang Wajib Ada

| Pendidikan Kesehatan |
Perlengkapan UKS sekolah merupakan berbagai macam peralatan kesehatan yang wajib dimiliki oleh setiap sekolah. Hal tersebut dikarenakan UKS atau Unit Kesehatan Siswa merupakan salah satu ruangan yang wajib dimiliki oleh sekolah selain daripada ruang kelas. UKS merupakan tempat untuk memberikan pertolongan pertama bagi siswa yang sakit.

Berdasarkan hal tersebut, maka peran UKS sangatlah penting bagi tiap-tiap sekolah. Untuk dapat menciptakan ruang UKS yang memadai, sekolah wajib memenuhi segala perlengkapan yang dibutuhkan oleh UKS. Di bawah ini merupakan informasi mengenai perlengkapan UKS yang wajib dimiliki oleh setiap sekolah

Terdapat berbagai macam peralatan kesehatan yang dibutuhkan oleh UKS. Peralatan tersebut memiliki peran yang sangat penting guna membantu siswa sekolah yang mengalami masalah kesehatan saat sedang belajar di sekolah. Berikut ini merupakan daftar perlengkapan UKS yang perlu ada di setiap UKS.

1. Meja Periksa

Perlengkapan UKS sekolah yang pertama yaitu, meja periksa. Meja periksa merupakan alat pertama yang wajib ada di seluruh UKS, karena berperan sebagai tempat pemeriksaan kesehatan bagi siswa yang sakit. Lewat meja periksa ini, siswa yang mengalami masalah kesehatan akan diperiksa secara intensif oleh tenaga ahli yang ada di sekolah.

2. Ranjang Istirahat

Perlengkapan UKS yang wajib ada di sekolah berikutnya yaitu, ranjang untuk beristirahat siswa yang sakit. Setelah melalui tahap pemeriksaan di meja periksa, selanjutnya siswa yang sakit biasanya akan disarankan untuk beristirahat sesaat di ranjang istirahat yang disediakan oleh UKS.

Setiap UKS membutuhkan lebih dari satu ranjang istirahat. Hal tersebut merupakan langkah antisipasi jika ada beberapa siswa sekolah yang mengalami masalah kesehatan yang membutuhkan ruangan untuk beristirahat sejenak sebelum akhirnya kembali ke kelas untuk melanjutkan pembelajaran.

3. Tandu Lipat

Alat berikutnya yang harus ada di UKS yaitu, tandu lipat. Alat ini juga memiliki peran yang sangat penting ketika ada kondisi darurat. Biasanya siswa yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler PMR (Palang Merah Remaja) ketika upacara bendera akan bersiap di pinggir lapangan dengan menyiapkan tandu lipat.

Tandu lipat ini biasanya digunakan untuk mengangkut siswa yang pingsan saat upacara bendera. Selain digunakan untuk antisipasi jika ada siswa yang pingsan saat upacara bendera, tandu lipat juga bisa digunakan sewaktu-waktu saat ada kondisi yang darurat dan membutuhkan pertolongan.

4. Selimut Lurik

Peralatan berikutnya yang harus ada di UKS yaitu, selimut lurik. Selimut ini biasanya ada di setiap ranjang istirahat di UKS. Selimut luring memiliki peran yang tak kalah penting dari ranjang istirahat, karena selimut ini juga bisa digunakan oleh siswa yang mengalami masalah kesehatan di sekolah dan harus beristirahat sejenak di ruangan UKS supaya tidak kedinginan.

5. Timbangan

Selanjutnya ada timbangan yang juga memiliki peran cukup penting di UKS. Timbangan sangat dibutuhkan oleh siswa yang mengalami masalah kesehatan dalam proses pemeriksaan oleh tenaga ahli yang bertugas.

Saat memulai pemeriksaan kesehatan siswa, petugas biasanya akan menyuruh siswa tersebut untuk menimbang berat badan terlebih dahulu. Penimbangan berat badan diperlukan karena untuk menentukan dosis obat yang nantinya harus dikonsumsi oleh siswa supaya tidak salah takaran.

6. Berbagai Macam Obat Ringan

Perlengkapan UKS yang wajib ada di setiap sekolah berikutnya yaitu, berbagai macam obat-obatan ringan. Layaknya fasilitas kesehatan lainnya, UKS juga membutuhkan berbagai macam obat ringan yang membantu pemulihan siswa yang mengalami masalah kesehatan di sekolah.

Setelah melewati tahapan pemeriksaan, selanjutnya petugas kesehatan sekolah akan memberikan resep obat yang perlu dikonsumsi oleh siswa yang sakit. Namun, UKS hanya menyediakan obat-obatan untuk penyakit ringan saja.

7. Kotak P3K

Berikutnya, UKS di setiap sekolah juga perlu memiliki Kotak P3K. kotak P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan) memiliki peran yang sangat penting layaknya peralatan yang telah disebutkan sebelumnya.

Kotak P3K ini cenderung mudah untuk dibawa kemana-mana karena kotak ini diperuntukan untuk keadaan darurat yang menimpa siswa layaknya tandu lipat. Di dalam kotak P3K berisikan berbagai macam obat-obatan untuk kecelakaan. Obat-obatan tersebut seperti obat merah, kasa, perban, alkohol 70%, retinol, gunting, plester, dan sebagainya.

8. Catatan Kesehatan Peserta Didik

Peralatan yang wajib dimiliki oleh tiap UKS berikutnya yaitu, buku catatan kesehatan peserta didik. Buku ini sangat penting karena berisikan rekam medis dari para siswa yang mengalami masalah kesehatan. Lewat buku ini juga, dapat memudahkan tenaga medis dalam memberikan penanganan kesehatan bagi siswa yang sebelumnya telah diperiksa.

9. Thermometer

Peralatan kesehatan yang wajib ada di UKS selanjutnya yaitu, thermometer. Termometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh siswa. Pengukuran suhu tubuh diperlukan dalam tahapan awal proses pemeriksaan kesehatan. Siswa yang mengeluh sakit, biasanya akan diukur suhu tubuhnya terlebih dahulu sebelum ke pemeriksaan berikutnya.

10. Tensimeter

Terakhir, alat yang wajib ada di tiap UKS yaitu, tensimeter. Tensimeter merupakan alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah siswa yang mengalami masalah kesehatan. Layaknya thermometer, alat ini juga dibutuhkan dalam proses awal pemeriksaan kesehatan siswa yang sakit.

Setiap sekolah wajib memiliki perlengkapan UKS sekolah yang lengkap. Hal tersebut karena UKS merupakan salah satu tempat yang sangat penting yang harus ada di sekolah sebagai tempat untuk memberikan pertolongan pertama pada siswa yang sakit. 


Sumber : Universitas 123

Tidak ada komentar