Header Ads

ads header

Breaking News

MGMP MAN Alor : Pengembangan Media Pembelajaran dan Literasi Digital Madrasah

| MGMP MAN Alor |

Kepala Seksi Pendidikan Islam (Kasi Pendis), Kankamenag Kab. Alor, Drs. Mansur B. Samah, M.Pd. didampingi Ketua Komite, Drs. H. Arsyad Badu dan Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis, SH., membuka Kegiatan Musawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Tahun Pelajaran 2022/2023 yang dilaksanakan bertempat di Aula Koperasi MAN Alor, Kamis (01/09/2022). Kegiatan ini mengusun tema: Pengembangan Media Pembelajaran dan Literasi Digital Madrasah.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari dimulai dari tanggal  1 s.d. 3 September 2022, sebagai salah satu upaya peningkatan kompetensi guru mata pelajaran sehingga mampu mengembangkan media pembelajaran berbasis digital dan materi-materi pembelajaran yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan literasi dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan target kurikulum, visi madrasah dan moto Kementerian Agama.

 Hadi Abdul Aziz Kammis, SH., dalam sambutannya menuturkan, peningkatan kualitas belajar siswa tergantung pada kemampuan guru dalam mengolah dan mengembangkan media pembelajaran. Tugas guru tidak hanya mengajar dengan mentransfer ilmu dari buku kepada siswa namun lebih dari itu seorang guru harus mampu menjadi motivator yang dapat menggali dan mengembangkan berbagai potensi yang terpendam dalam diri siswa. Oleh karena itu, guru Madrasah harus terus berbenah diri, selalu berubah dengan prinsip hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.

 Hadi menambahakan, MAN Alor sebagai salah satu lembaga pendidikan bercirikhas islam, selalu berupaya untuk mengejar motto Kementerian Agama Republik Indonesia terupdate. Berawal dari Madrasah Lebih Baik Lebih Baik Madrasah hingga Madrasah Mandiri Berprestasi, MAN Alor selalu berupaya berbenah untuk menggapai motto tersebut.  Guna menwujudkan motto tersebut maka kegiatan pengembangan diri guru MAN Alor melalui forum MGMP menjadi salah satu program wajib yang akan terus dilaksanakan MAN Alor secara berkelanjutan.

 Ketua Komite MAN Alor, Drs. H. Arsyad Badu yang juga menjabat sebagai Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Alor ini dalam sambutannya, berpesan kepada para peserta kegiatan MGMP agar serius dalam mengikuti kegiatan pengembangan diri ini. Kegiatan ini menjadi sarana utama bagi guru dalam merencanakan berbagai aktifitas selama satu tahun mendatang. Saat ini Madrasah memikul amanah yang cukup besar dari seribu lebih orang tua/wali, oleh karena itu jangan sia-siakan amanah ini. Komite akan memberikan dukungan penuh untuk kegiatan pengembangan diri seperti ini, agar tercipta guru yang berkualitas yang mampu membawa generasi Alor ke arah yang lebih baik.

 Drs. Mansur B. Samah, M.Pd. sebelum membuka kegiatan MGMP, berpesan agar guru MAN Alor dapat memahami tujuan pelaksanaan MGMP dan mengimplementasikan hasil dari MGMP. Karena, tanggung jawab peningkatan mutu pendidikan madrasah bukan serta merta menjadi tanggung jawab Menteri Agama, Kanwil, Kankamenag atau Pendis saja, melainkan merupakan tanggung jawab bersama, termasuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan Madrasah.

 Lebih lanjut, Mansur menambahkan, terkait dengan upaya pengembangan Madrasah, harus dilakukan dengan hati yang tulus, karena keikhlasan dan ketulusan para guru dalam mendidik akan membawa perubahan besar bagi perkembangan madrasah. Pengembangan Madrasah juga harus dilaksanakan dengan penuh kekompakan dan kebersamaan, karena kekompakan dan kebersamaan menjadi kekuatan yang tidak dapat dipatahkan oleh siapapun, dan yang terakhir adalah, Do’a kan anak didik kita di setiap waktu, karena doa seorang guru sama seperti doa seorang ibu yang akan dikabulkan oleh Allah SWT.

 Kegiatan MGMP MAN Alor Tahun Pelajaran 2022/2023 diikuti oleh 64 guru mata pelajaran,  dan dilaksanakan selama tiga hari (1 sd. 3/9/22) ini, menghadirkan tiga narasumber yang kompeten dalam bidangnya yaitu, Kepala Seksi Pendidikan Islam Kabupaten Alor, Drs. Mansur B. Samah, M.Pd., yang membawakan materi Kebijakan Pendidikan Islam, Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis, SH., membawakan Materi Pengembangan Media Pembelajaran, dan Dosen/Peneliti pada STKIP Muhammadiyah Kalabahi, Rahmad Nasir, M.Pd., membawakan Materi Publikasi Ilmiah dan Teknik Penulisan Jurnal Ilmiah.

 Pada Tahun Pelajaran 2022/2023 ini MAN Alor memprogramkan dua kegiatan peningkatan SDM Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan melalui kegiatan MGMP dan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang akan dilaksanakan pada pertengahan Oktober tahun 2022. Program/Kegiatan MGMP dan PKB ini diharapkan mampu menjadi program strategis Madrasah sehingga menjadikan MAN Alor sebagai Madrasah Mandiri dan Berprestasi. **

 

Penulis dan Foto: Humas MAN Alor

Tidak ada komentar