Header Ads

ads header

Breaking News

Duta Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS)

| Duta UKS MAN Alor |
UKS identik dengan sebuah ruangan yang di dalamnya ada tempat tidur, lemari obat dan timbangan. Selain itu juga identik dengan tempat untuk melayani siswa yang sakit dan memberi obat/ vitamin. Sebetulnya lingkup UKS bukan hanya terkait dengan pelayanan kesehatan saja, tapi juga bidang lainnya yang membawa manfaat bagi siswa, yakni:

  1. Membina dan meningkatkan kesehatan anak usia sekolah pada setiap satuan pendidikan.
  2. Meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar siswa yang tercermin dalam perilaku hidup bersih dan sehat serta menciptakan lingkungan yang sehat.
  3. Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan siswa yang optimal.


Program Kerja UKS

UKS memiliki Tiga Program Pokok yang dikenal dengan Trias UKS, mencakup:

  1. Pendidikan Kesehatan. Pendidikan kesehatan adalah upaya untuk meningkatkan pengetahuan, perilaku, sikap, dan keterampilan hidup bersih dan sehat. Melalui pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Penerapannya dapat melalui literasi kesehatan, Pendidikan Keterampilan Hidup Sehat (PKHS), gizi, kesehatan reproduksi, pembiasaan aktivitas fisik dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) termasuk kebersihan diri, dan pembinaan Kader Kesehatan Sekolah.
  2. Pelayanan Kesehatan. Pelayanan kesehatan adalah setiap upaya yang diselenggarakan sendiri atau secara bersama-sama untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan siswa. Penerapannya dapat melalui penjaringan kesehatan dan pemeriksaan berkala, pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), Pertolongan Pertama Pada Penyakit (P3P), serta konseling.
  3. Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat. Pembinaan lingkungan sehat adalah usaha untuk menciptakan kondisi lingkungan sekolah yang sehat dan dapat mendukung proses pendidikan sehingga mencapai hasil yang optimal baik dari segi pengetahuan, sikap maupun keterampilan. Penerapannya dapat melalui pelaksanaan 7K (Kebersihan, Keindahan, Kenyamanan, Ketertiban, Keamanan, Kerindangan, dan Kekeluargaan). Termasuk pengelolaan sanitasi sekolah, pemanfaatan pekarangan sekolah, pemberantasan sarang nyamuk, pembinaan kantin, penerapan kawasan tanpa rokok, narkoba, kekerasan, dan pornografi.


Pentingnya Duta UKS

Program Trias UKS tidak akan berjalan jika warga sekolahnya kurang peduli. Sekolah memerlukan partisipasi dari seluruh warganya, khususnya siswa dengan menjadi Duta UKS.

Duta UKS adalah bagian dari Kader Kesehatan Sekolah yang berperan mendukung kegiatan UKS, khususnya di kegiatan ekstrakurikuler.

Adanya Duta UKS juga sangat membantu siswa agar mereka dapat:

  1. Menolong dirinya sendiri dan orang lain untuk hidup sehat di lingkungan yang sehat.
  2. Menjadi promotor penggerak dan motivator dalam upaya meningkatkan kesehatan diri sendiri, temanteman dan lingkungan sekitar.
  3. Membantu teman, guru, keluarga dan masyarakat dalam memecahkan permasalahan kesehatan dan lainnya termasuk melakukan rujukan ke pelayanan kesehatan/lembaga terkait. 


Tujuan Duta UKS

Duta UKS sangat dibutuhkan di sekolah untuk memupuk kebiasaan hidup sehat agar siswa memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam melaksanakan prinsip hidup sehat. Selain itu, Duta UKS berperan penting dalam mempromosikan dan melaksanakan kegiatan bidang UKS, dengan bimbingan dari Tim Pembina UKS.

Nah.., sudah jelas kan??? yuk jadi Duta UKS yang keren...



Tidak ada komentar