Header Ads

ads header

Breaking News

Siswa MAN Alor, Maulayya Shalwaa Alfajry Kia Raih Juara Duta Maritim Indonesia 2023

 

| Maulayya Shalwaa Alfajry Kia |
Assalamualaikum sahabat Madrasah.., Alhamdulillah satu lagi prestasi yang diraih Siswi MAN AlorMaulayya Shalwaa Alfajry Kia (17) Siswa kelas XII IPA 4 Madrasah Aliyah Negeri Alor, berhasil mengharumkan nama Provinsi NTT dalam ajang pemilihan Duta Maritim Indonesia 2023 yang digelar Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) pada Agustus 2023, di Nusantara V, Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan Jakarta.

Pada ajang bergengsi tersebut, Shalwaa berhasil menempati posisi Juara 2 Duta Maritim Indonesia (DMI) dengan kategori broadcast menyisihkan 100 finalis dan menumbangkan total 600 pendaftar lainnya yang berasal dari berbagai kabupaten kota di Indonesia.

Hasil penilaian menempatkan Shalwaa Kia sebagai peserta yang memiliki engagement tertinggi dalam pemberitaan selama kegiatan karantina Duta Maritim berlangsung, selain itu gadis asal Alor ini juga menguasai wawasan kemaritiman yang unggul serta mempunyai public speaking skill yang baik. Setelah melewati tahap seleksi dengan persaingan yang cukup ketat, Shalwaa Kia meraih juara Duta Maritim Indonesia terviral dengan capaian berita sebanyak lebih dari 250 link dengan jutaan pembaca.

Shalwaa Kia mengaku terharu dan merasa bangga bisa mengikuti ajang Duta Maritim Indonesia 2023 yang dibuka oleh Wakil Menteri Perdagangan RI, Dr. Jerry Sambuaga dan dihadiri oleh Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI, Habib Luthfi Bin Yahya. Pelajar berprestasi kelahiran Kalabahi, 22 Mei 2006 ini mengaku termotivasi mengikuti ajang tersebut untuk meningkatkan kualitas diri, melatih kemandirian, memperluas relasi dan turut berperan serta dalam membangun masyarakat di kawasan kepulauan dan pesisir.

"Kami diwajibkan membuat essay kemaritiman, video vlog tentang ragam potensi kelautan dan juga mengikuti rangkaian interview. Saat dinyatakan lolos, saya pun bersyukur dan mulai berkoordinasi guna meminta dukungan dari pemerintah daerah," ucapnya.

Baca: Raina Aaqilah Lazmi Duta Maritim NTT Tahun 2022 Hadir bersama seluruh Duta Maritim dalam Rakornas dan HUT ASPEKSINDO KE 5

Sebagai generasi pesisir, Shalwaa berterus terang bahwa dirinya hanyalah satu dari sekian banyak generasi yang membutuhkan perhatian dalam hal pengembangan SDM, pendidikan, ekonomi dan potensi laut.

"Kami yang berada di kawasan pesisir khususnya wilayah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) ini sangat membutuhkan dukungan dari pemerintah pusat dan sektor lainnya untuk lebih memaksimalkan potensi daerah yang ada, baik sumberdaya manusianya dan sumberdaya alamnya," imbuhnya.

Shalwaa Kia mewakili NTT dalam Duta Maritim Indonesia 2023 pada awal Agustus lalu. Sebab, Shalwaa Kia dinilai pantas menjadi representasi NTT dikarenakan dirinya telah terpilih sebagai Puteri Pariwisata Runner Up II Nona Alor 2022.

Shalwaa Kia lahir di Kalabahi pada 22 Mei 2006. Ia mengenyam pendidikan taman kanak-kanak di Kota Malang, Jawa Timur dan jenjang sekolah dasar di International Islamic School Bani Hasyim, Malang, Jawa Timur sebelum akhirnya melanjutkan ke Madrasah Tsnawiyah Negeri Alor, NTT.

Saat ini, Shalwaa Kia terdaftar sebagai pelajar kelas XII IPA 4, Madrasah Aliyah Negeri Alor. Dirinya mulai menorehkan prestasi sejak kecil. Dibuktikan dengan penghargaan di bidang kesehatan sebagai Dokter Cilik yang didapatkannya di bangku sekolah dasar, sesuai dengan cita-citanya menjadi seorang dokter.

Ia pun mengaku mulai memberanikan diri mengikuti ajang perlombaan dan kontestasi karena terinspirasi dengan Ibunya yang sukses dalam karier, menorehkan banyak pencapaian dan mempunyai jaringan yang luas nasional bahkan internasional. Rupanya Ibunda Shalwaa Kia merupakan Komisaris Utama di beberapa kantor berita juga dikenal sebagai politisi dan organisatoris yang dikenal dekat dengan banyak pejabat penting di Indonesia.

"Mamak (Ibu) saya merupakan sumber motivasi dan inspirasi saya. Beliau berperan penting dalam proses pendewasaan yang saya jalani," ucapnya.

Perempuan berusia 17 tahun ini mengaku mendaftar di ajang Duta Maritim Indonesia 2023 atas saran dari Ibunda dan guru pendamping di madrasah. Saat namanya lolos seleksi, keluarganya sangat terkejut.

"Awalnya sangat tidak mempercayai kemampuan saya, tapi dengan diraihnya prestasi demi prestasi ini, saya percaya keluarga besar saya bangga pada saya. Terlebih setelah saya dinobatkan sebagai juara di kancah nasional seperti Duta Maritim Indonesia 2023."

Tak lupa Shalwaa Kia mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah mendukungnya hingga menjadi Duta Maritim Indonesia. "Syukur pada Allah SWT, terimakasih Mamak dan Bapak, terimakasih seluruh keluarga terkhusus kepada guru-guru pembimbing yang selalu memberikan motivasi dan inspirasi.

"Terimakasih kepada Bapak Ibu Guru MAN Alor, terutama kepada Guru Pendamping/Pembimbing Bapak Sumardin Kemang dan Bapak Rizaldi serta Bapak Kepala MAN Alor, Bapak Hadi Kammis. Kepada Kepala Dinas KPP Provinsi NTT, juga kepada Pemda Alor, Bapak Bupati Alor, Ibu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Alor dan Ibu Kabag Kesra Kabupaten Alor serta kepada seluruh sahabat juga masyarakat yang telah turut mendukung saya hingga meraih juara, terimakasih," ucapnya.

Shalwa meyakini kata pepatah yang mengatakan bahwa hasil akan berbanding lurus dengan usaha, hal tersebut benar-benar dialami oleh Shalwaa. Upaya dan kerja kerasnya terbayar saat terpilih sebagai juara Duta Maritim Indonesia 2023. Diketahui, bahwa Shalwaa juga pernah tercatat sebagai pembawa baki pada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di Kabupaten Alor.

Baca: Raina Aaqilah Lazmi, Lolos Seleksi Nasional Duta Maritim Indonesia

Perlu diketahui bahwa Duta Maritim Indonesia adalah program yang digagas oleh Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia yang didirikan pada tanggal 10-08-2017, dengan mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda. Dengan merespon gagasan yang inovatif dari para generasi muda saat ini Duta Maritim Indonesia juga sebagai wadah untuk meningkatkan wawasan kemaritiman dan menambah pengetahuan terkait pengembangan ekonomi berbasis masyarakat pesisir.

Demikian info Madrasah kali ini, wassalamualaikum wr.wb.

Tidak ada komentar